Thursday, June 12, 2014

Palangka Raya

Posted by Rtnksmw at 8:01 AM
halo semua,
kemaren aku sama keluarga tanpa kakak, travelling ke kota Palangka Raya. ya ceritanya sih, pengen nyoba naik pesawat ke luar pulau Jawa . akhirnya milih pulau Kalimantan hihi:3 Palangka Raya ini, termasuk ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. letaknya ya di tengah pulau Kalimantan -_- .
aku berangkat dari kota Blitar pukul 03.00 wib. pagi banget ya, iya soalnya pesawatnya berangkat pukul 09.00 wib.  perjalanan ke Surabaya lama, sekitaran 4 jam. yang paling nyebelin, semua HP belum sempat aku charger, PB juga belum. ya terpaksa diem aja di mobil, gak bisa take a photos gitu haha u.u
sampai di Bandara Juanda, yang bosenin ituu, sempet tiketnya salah bro. namaku di pakek 2 tiket, sedangkan namanya Ayah ga di pakek -_- ya emang manusia itu bisa salah ya. :) . lagian peswat masih lama kok, jadi bisa nge galau dulu di bandara. apalagi, seragamnya yang disana itu mirip sama anak pelayaran, eh hahaha



setelah beberapa menit, akhirnya tiket udah siap dan pesawat udah siap untuk terbang. akhirnya, aku ya naik . sempet pisah sih sama orang tua, yaudah jalan sendiri ke pesawat kayak orang jomblo(?) . sampek di dudukan ya aku duduk dengan manis sambil melihat ke jendela luar . hihi. dan akhirnya udah meluncur pesawatnyaa, akhirnya aku melihat ada samudra di atas awan bro, kayak yang ada di film 5 cm itu. haha:3 ,
waktu pesawat punya beda tekanan udara, telingaku sakit. kenapa ya. coba carik di google :
"Bagi yang pernah naik pesawat pastinya pernah mengalami keadaan telinga yang rasanya seperti tersumbat, sakit. Bahkan kepala juga terasa sakit. Hal tersebut terjadi karena perbedaan tekanan udara. Terutama pada saat pesawat take-off atau landing. Keadaan tersebut disebut dengan nama Oklusi Tuba yang berarti adanya sumbatan pada saluran tuba eustachius di dalam telinga. Tuba eustachius merupakan saluran di dalam telinga yang berada di bagian tengah hingga belakang hidung atau di sekitar pangkal tenggorokan. Saluran ini akan segera merespon dengan cara membuka dan membiarkan udara masuk ke dalam bagian telinga tengah jika terjadi perbedaan tekanan udara karena saluran ini berguna untuk menyeimbangkan tekanan udara di dalam telinga tengah dengan tekanan udara di luar."klik ! 

nah itu sebabnyaa;)

setelah sampai di Bandara Palangka Raya, aku di jemput sama temen ayah dan di ajak muter-muter kota Palangka Raya. mereka baiik, tiap ada warung di beliin makanan lo, katanya kapan lagi kesini? nyicipi makanan khas kota Palangka Raya,. baik kan :)

pertama di liatin ke Kandang sapi dan kerbau,


sama rumah panggung yang terbuat dari kayu. bawahnya rawa, hii~ bisa bayangin gak?


setelah itu di liatin sama Jembatan Kahayan. nih fotonyaa;)


setelah itu di ajak ke Taman Wisata Kum Kum . ini fotonyaa;)












disini juga ada hewan-hewanya, :D



















nah, yang ini ada sungai yang  arusnya ke jembatan kahayan tadi.




tau gak, kenapa di Taman Wisata Kum Kum ini di buat kayak jembatan gitu? itu karena, terkadang air sungai ini bisa meluap lo, sampai ke jalan raya. wah bisa bayangin gak tuh? terus dulu sih ceritanya buaya itu  ada dua, gara-gara kena banjir buaya 1 bisa kabur. bisa bayangin gak bro? buaya keliaran dimana-mana? padahal sampingnya itu pemukiman warga. ngeri yaa-_-


di sini, banyak orang yang jualan solar di pinggir jalan. padahal ada pom bensin, tapi pom bensin rame sampai antri panjang gitu. lupa gak aku foto yang antrian itu hahaxD


Habis dari Taman Wisata Kum Kum, lanjut di ajak keliling kota Palangka Raya. hihi:3

di sini, banyak oramh yang jualan solar di pinggir jalan. padahal ada pom bensin, tapi pom bensin rame sampai antri panjang gitu. lupa gak aku foto yang antrian itu hahaxD
habis itu, ke rumahnya temen ayah terus nginep 1 malam disana. kamarnya pink lo, selimutnya juga, hello kitty pisan:D


disini, penduduk jarang masak lo. kebanyakan sih katanya gak bisa masak. dan kalau beli itu porsinya banyaak, penduduk asli sini suku dayak, orangnya kulit putih ternyata. dan kalau mau bangun rumah, tanahnya harus di uruk dulu biar kuat. karena disana banyak rawa nya daripada tanah. tanah disana mahal-mahal ternyata. sampek milyaran.  hft-_- ,

dan, kebanyakan itu. jarang orang luar bisa masuk kesana kalau untuk bangun perusahaan. karena ada cerita, kalau udah bangun gitu, dan udah bayar pakai uang sendiri tiba-tiba orang penduduk sana ngaku kalau itu tanah adat. nah kalau sudah berhubungan dengan adat, orang luar bisa apa bro:')

lucu sih, kalau disini manggil orang yang lebih muda itu adek, tapi disana adeng :D kalau denger mereka ngomong, rasanya geli tapi ya pengen tau. gak nyangka kan kita bisa tau kebudayaan orang lain xD

katanya, disana kota pembangunan. jadi ya masih di bangun. lumayan sepii.


tapi , yang paling indah tuh disana orangnya ramah-ramah:)

kalau mau pulang enak, tinggal di telepon sama temen ayah terus di pesenin tiket. besoknya tinggal naik aja hihi:3 . ini iseng waktu di Bandara Palangka Raya hahaha-_-


aku pakek yang Lion Air itu.

perjalananya cuma 1 jam, ini udah sampai di Bandara Juanda,

banyak di ceritain tentang sisi positif dan sisi negatifnya kota Palangka Raya. apapun itu, itu termasuk Indonesia, milik bangsa. dan kita harus cinta itu;) . sayangnya, aku cuma 1 malam aja disana, besok nya pulang ke Surabaya, lanjut ke Blitar. :D



bukan iklan hahaxD. udah yaa<3

0 comments:

Post a Comment

 

R☺ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review